Tags

, , ,


Cikarang, 18 Mei 2011

Pada kesempatan sebelum-sebelumnya saya sudah pernah posting tentang Break Even Point Analysis (BEP) dari segi Akuntansi manajemennya beserta contoh perhitunganya. Nah, pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi trik dan tips dari ms. excel tentang bagaimana cara membuat BEP analysis.

Misal sebuah perusahaan menjual sebuah prosuk dengan harga jual $200 perunit dan biaya variable yang terdiri dari dua item masing-masing $15 dan $20 perunit. Sedangkan biaya tetapnya diestimasi sebesar $990 per bulan. Pada tahun 2011 ini, perusahaan berhasil menjual sebanyak 200 unti, 250 unit, dan 300 unit masing-masing untuk bulan Januari, feb dan Maret. Saya summarykan ke dalam excel sebagai berikut gambarannya :

Catatan ; untuk menghitung BEP dalam excel ini, harus dengan menggunalan formula yang tercantum pada gambar di atas.

Pada bulan april, Hitunglah berapa besar kuantitas yang mesti dijual agar bisa mencapai BEP??

Caranya :

Saya cantumkan “1″ pada quantity april supaya pas ntar diganti dengan Nilai BEP, semuanya otomatis dan tidak menjadi erorr lagi formulanya.

Pada Excel 2007, Pilih menu Data, What If Analysis, Goal Seek.

Pada Goal Seek Menu, Set Cell di isi dengan mengklik cell G15 Pada excel, Pada To Value ketik 0 (Nol) Artinya Net Profitnya harus = Nol. Pada By Changing Cell Klik Cell G3 karena kita bermaksud mengetahui berapa kuantitas yang mesti dijual Pada Cell G3. Tampilanya akan seperti ini.

Setelah itu tinggal Klik OK atau enter saja maka hasilnya akan seperti ini :

Kelihatan kan kalau Kuantitas yang asalnya 1 pada cell G3 sekarang menjadi 6 dengan net profit = Nol. Jadi untuk mencapai BEP perusahaan itu cukup hanya dengan menjual 6 buah saja. Selanjutnya tinggal Klik OK saja.

Semoga bermanfaat ya kawan !!!


About these ads