Tags

, , , , ,


Secara umum, cost center itu diartikan sebagai bagian dari organisasi yang tidak menambah keuntungan perusahaan secara langsung, tapi justru sebagai tempat / subjek yang melakukan kegiatan berupa pengeluaran biaya bagi perusahaan. Atau secara sadis cost center itu bisa dibilang sebagai subjek dalam mengeluarkan biaya operasional perusahaan. Atau bisa juga disebut tempat dimana expense / pengeluaran terjadi. Kalau saya kasih contoh, contoh dari cost center itu adalah divisi R&D, Accounting, HR, Finance, dll. Tapi meskipun disebut tidak memberikan keutungan buat perusahaan secara langsung, tapi efeknya itu buat perusahaan (contribusi dalam hal keuntungan) bisa dirasakan secara tidak langsung. Misal uang yang dihabiskan oleh bagian R&D dalam masa mendatang bisa mendatangkan inovasi produk baru yang bisa memberikan keutungan lebih besar bagi perusahaan.

Nah, temans.. Dalam SAP juga cost center itu ada dan memang harus ada karena itu penting sekali untuk melihat transfaransi pengeluaran biaya di perusahaan.. Artinya kita bisa melacak dimana biaya-biaya tertentu terjadi dan untuk apa maksud / tujuan dari biaya itu dikeluarkan. Di SAP juga kita bisa melihat berapa sih expense – expense yang dikeluarkan oleh tiap cost center sehingga kita bisa lihat bagian mana / departemen mana sih yang paling “boros” membelanjakan uang perusahaan. hehehehh… :D

Berikut adalah T-Code dalam SAP yang berkaitan dengan Cost Center Master Data

1. KS01   : Untuk membuat cost center baru

2. KS02   : Untuk mengedit / merubah cost center yang sudah ada

3. KS03   : Untuk mendisplay Cost Center yang sudah ada (exist)

4. KS04   : Untuk menghapus cost center yang ada.

Cara membuat cost center :

  1. Buka T-Code KS01, Lalu masukin kode cost center yang mau dibuat (biasanya berupa angka), dan masukan validity period misal 01.01.2012 sampai 31.12.9999
  2. Enter, lalu isi field-field yang dibutuhkan Pada Tab basic data seperti Nama Cost Ctr, Description, User responsible, Bussiness area, Company Code dll yang dibutuhkan sampai lengkap.
  3. Tinggal save dan coba lihat hasilnya di KS03. Kalau misal ada yang salah bisa direvisi dengan menggunakan T-Code KS02.

Sekian dulu ya.. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

 

 

 

About these ads